Headlines

Sekolah Palangka Raya: Menjaga Kearifan Lokal dan Budaya Kalimantan – Artikel ini membahas tentang upaya yang dilakukan oleh Sekolah Palangka Raya dalam menjaga dan mempromosikan kearifan lokal serta budaya Kalimantan di dalam kurikulum dan kegiatan sekolah. Artikel ini juga mengulas tentang pentingnya melestarikan budaya lokal di tengah perkembangan globalisasi.


Sekolah Palangka Raya: Menjaga Kearifan Lokal dan Budaya Kalimantan

Kearifan lokal dan budaya merupakan warisan berharga yang harus tetap dijaga dan dilestarikan oleh generasi muda. Di tengah perkembangan globalisasi yang semakin pesat, penting bagi sebuah sekolah untuk menjadikan pelestarian kearifan lokal dan budaya sebagai bagian integral dari kurikulum dan kegiatan sekolah. Salah satu contoh sekolah yang berhasil melaksanakan hal tersebut adalah Sekolah Palangka Raya di Kalimantan.

Sekolah Palangka Raya merupakan sekolah yang berkomitmen kuat dalam mempromosikan dan melestarikan kearifan lokal serta budaya Kalimantan. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan memasukkan mata pelajaran yang berkaitan langsung dengan budaya lokal dalam kurikulum sekolah. Mata pelajaran seperti tarian tradisional, bahasa daerah, dan seni kerajinan khas Kalimantan menjadi bagian dari pembelajaran sehari-hari.

Selain itu, Sekolah Palangka Raya juga aktif mengadakan kegiatan di luar kelas yang melibatkan komunitas lokal dan budayawan setempat. Kegiatan seperti kunjungan ke desa adat, pameran seni, dan festival budaya Kalimantan menjadi ajang bagi siswa untuk lebih memahami dan mengapresiasi kearifan lokal. Melalui kegiatan ini, siswa dapat melihat langsung bagaimana kearifan lokal dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pentingnya menjaga dan mempromosikan kearifan lokal dan budaya Kalimantan di Sekolah Palangka Raya tidak lepas dari peran pentingnya dalam membangun identitas siswa. Melalui pembelajaran dan pengalaman yang mendalam tentang budaya Kalimantan, siswa dapat mengembangkan rasa bangga terhadap asal-usul mereka. Hal ini juga membantu mereka memahami dan menghargai keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Memperkenalkan kearifan lokal dan budaya Kalimantan di sekolah juga memiliki dampak positif dalam melestarikan warisan budaya. Dengan mengajarkan generasi muda tentang pentingnya budaya dan kearifan lokal, kita dapat mencegah kepunahan budaya yang mungkin terjadi akibat modernisasi dan globalisasi. Melalui pemahaman dan pengapresiasian ini, siswa diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan budaya Kalimantan.

Sekolah Palangka Raya telah menjadi contoh yang baik dalam upaya menjaga kearifan lokal dan budaya Kalimantan di dalam kurikulum dan kegiatan sekolah. Langkah-langkah yang diambil oleh sekolah ini memberikan inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya untuk melakukan hal serupa. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa kearifan lokal dan budaya Kalimantan tetap hidup dan lestari untuk masa depan.

Referensi:
1. “Sekolah Palangka Raya, Sumur Kearifan Lokal dan Budaya Kalimantan” – Tempo, 5 Agustus 2020.
2. “Menyelami Budaya Kalimantan di Sekolah Palangka Raya” – Kompas, 15 September 2019.
3. “Pentingnya Pelestarian Kearifan Lokal dan Budaya di Sekolah” – Portal Pendidikan, 28 Januari 2021.